Pemrograman Dasar di Sekolah; Kenapa Harus Pascal..?

  • 1
Kemarin saya berbincang-bincang dengan seorang siswi SMK jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) yang sedang melaksanakan PRAKERIN (Praktek Kerja Industri) di kantor. Utamanya untuk menginventarisasi area mana saja yang telah dikuasai dari sekolah dan potensial untuk mendapat pendalaman selama praktek di kantor kami. Dari sana, secara spesifik saya tertarik dengan fakta bahwa melalui mata pelajaran Pemrograman Dasar, mereka belajar bahasa pemrograman Pascal. Lalu teringat dengan pertanyaan lama, "Kenapa harus Pascal? Kenapa tidak bahasa lain seperti C/C++? Atau bukan bahasa level tinggi lain seperti VB, C#, dll?" Jawaban ini saya rasa bukan hanya guru/pengajar yang perlu tahu, namun juga siswa yang diajar.


Pascal adalah bahasa pemrograman yang sejak awal didesain untuk kebutuhan pengajaran di sekolah. Karenanya, bahasa pemrograman Pascal menjadi bahasa yang mudah dipelajari oleh pemula namun tetap dapat digunakan secara luas untuk membuat program atau menyelesaikan berbagai tugas pemrograman komputer.

Dalam dunia pembelajaran pemrograman komputer, saya setuju dengan prinsip bahwa pelajar sekolah sebaiknya bukan dilatih dengan kemampuan yang terlalu khusus pemanfaatannya (contohnya dengan memilih bahasa pemrograman berdasarkan kebutuhan temporal atau bahasa yang paling banyak digunakan saat ini saja). Melainkan, pelajar sebagai seorang programmer yang prospektif harus dipersiapkan untuk mampu menggunakan berbagai bahasa pemrograman dalam pekerjaan dan karirnya serta dibekali dengan pemahaman dan pengetahuan yang akan menjadi penyokong bagi spesialisasi kemampuan yang dipilihnya di masa mendatang.

Pelajar yang akan belajar bahasa pemrograman sebaiknya memulai dengan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari, sehingga besar peluang baginya untuk dapat menguasai bahasa tersebut dan meningkatkan kepercayaan dirinya dalam dunia pemrograman komputer.

Lalu, kenapa harus Pascal?

Penjelasan tentang bahasa pemrograman Pascal serta sejarahnya tidak ada disini. Buka WikiPedia. Atau Google. Tapi secara umum berikut beberapa key-point kenapa Pascal bisa menjadi pilihan yang jitu untuk pelajaran pemrograman dasar di sekolah.

... ... ...

Carilah contoh kode program yang ditulis dengan Pascal. Bila Anda memiliki kemampuan berbahasa Inggris, maka terlihat bahwa bahasanya berbunyi seperti kalimat-kalimat bahasa Inggris. Ini karena kata-kata (keyword) yang digunakan dalam Pascal adalah kata-kata bahasa Inggris yang artinya bisa dimengerti. Karakteristik ini membuat sebuah kode program Pascal mudah diterjemahkan menjadi algoritma dan/atau logika berbahasa inggris, dan sebaliknya.

Pascal adalah bahasa pemrograman berorientasikan obyek (object oriented language) yang sangat terstruktur. Karakteristik ini secara tidak langsung membuat para penggunanya harus mengikuti teknik-teknik penulisan kode yang baik (good development practice). Menulis kode program dengan teknik yang baik sejak dari pemula tentu menjadi latihan dan kebiasaan yang akan bermanfaat di masa mendatang, bukan hanya dalam Pascal tapi juga dalam bahasa pemrograman lain.

Ditambah dengan fakta lain yakni Pascal tidak membedakan huruf besar dan kecil dalam bahasa programnya. Ini tentu memudahkan bagi programmer pemula, sehingga ia tidak akan menerima syntax error hanya karena salah mengetik atau lupa huruf besar atau kecil pada nama variable.

... ... ...

Memahami alasan-alasan di atas, maka baik guru maupun siswa sekolah di kelas Pemrograman Dasar dengan bahasa pemrograman Pascal sebaiknya lebih berkonsentrasi pada dasar fundamental bahasanya, seperti: selection, iteration, arrays, records, files, dan lain-lain, sebelum masuk ke topik yang lebih kompleks seperti class, objects, properties atau bahkan visualisasi antar muka. Banyak programmer pemula yang belajar pemrograman dari pemrograman visual dan menggunakan widget/komponent yang sudah dibuat sebelumnya, mereka akhirnya kehilangan konsentrasi pada kemampuan algoritma yang lebih inti. Sama seperti karena terbiasa dengan jendela-jendela visual pada Windows, pengguna komputer banyak yang lupa atau tidak tahu bahwa ada command prompt pada inti sistim yang bisa digunakan untuk berbagai tugas-tugas manajemen sistim operasi. Mereka yang dulu belajar komputer dari MS-DOS, mereka tahu.

Dan terakhir, yakinlah bahwa pelajar yang sejak awal telah menguasai fundamental bahasa Pascal dan menguasai setiap inti algoritma dari program-program yang dikerjakannya, pasti tidak akan menerima banyak kesulitan untuk melanjutkan karirnya di dunia pemrograman menggunakan bahasa lain yang lebih spesifik pemanfaatannya.

Selamat ber-Pascal!

1 komentar :

  1. How to get from a casino to a poker room
    To 안산 출장샵 earn points by playing your poker, the cards must be 목포 출장샵 drawn as follows:. Player 계룡 출장마사지 2. Poker · Player 3. To win. Player 4. Player 5. 강릉 출장안마 Player 순천 출장안마 6. Player 7. Player 8. Player 9.

    BalasHapus